Cara Membuat Situs Toko Online Untuk Pemula

Membuat web toko online atau situs e-commerce dapat dilakukan oleh siapa saja, meskipun yang bersangkutan tidak memiliki keahlian coding website. Dengan adanya CMS (Content Management System) serta berbagai macam plugin memungkinkan Anda untuk membuat website toko online secara cepat dan mudah.

Dari sekian banyak CMS, salah satu CMS yang paling banyak digunakan hingga saat ini adalah CMS WordPress. CMS ini tidak hanya digunakan untuk membangun situs-situs portal berita, tetapi juga banyak digunakan untuk membangun situs toko online. CMS WordPress memang menawarkan banyak kelebihan sehingga tidak mengherankan jika banyak webmaster yang lebih memilih CMS open source yang satu ini.

Bagi Anda yang berencana membuat website toko online, Anda tidak perlu pusing memikirkan pekerjaan codingnya. Anda cukup menyiapkan nama domain, layanan hosting, dan menginstal CMS WordPress pada layanan akun hosting Anda. Selanjutnya Anda tinggal memasang plugin toko online yang cukup banyak sekali pilihannya. Salah satu plugin e-coomerce yang cukup populer adalah plugin WooCommerce.

Persiapan Membuat Situs Toko Online

Pertama-tama yang perlu Anda lakukan adalah menyewa layanan hosting dan mendaftarkan sebuah nama domain.

Rekomendasi saya adalah Niagahoster atau Ardetamedia yang mana kedua provider ini merupakan perusahaan hosting terpercaya di Indonesia dengan kualitas layanan yang sudah teruji.

Silakan kunjungi website Ardetamedia atau Niagahoster untuk order hosting. Sebagai informasi, dengan berlangganan paket hosting di salah satu provider tersebut, Anda akan mendapatkan domain gratis tanpa biaya tambahan.

Panduan Membuat Situs Toko Online

Setelah memiliki layanan hosting beserta nama domain yang sudah dalam keadaan aktif, tugas Anda berikutnya adalah menginstal WordPress melalui cPanel. Cara install WordPress langsung dari cPanel bisa Anda simak dalam artikel ini.

Jika instalasi WordPress sudah selesai, maka itu artinya website Anda sudah jadi. Adapun pekerjaan Anda selanjutnya adalah melakukan beberapa pengaturan agar website berbasis WordPress yang baru saja Anda buat tersebut nantinya memiliki fitur/fungsi layaknya situs toko online.

Untuk menjadikan website Anda seperti situs toko online pada umumnya, Anda cukup memasang plugin toko online, yakni plugin WooCommerce. Simak cara merubah website WordPress menjadi situs toko online dengan WooCommerce seperti dijabarkan dibawah ini.

Silakan masuk ke dashboard (halaman utama) WordPress

Pilih menu Plugins

membuat situs toko online

Klik Add new untuk menambahkan plugin baru.

membuat situs toko online 2

Ketik WooCommerce pada kotak Pencarian.

membuat situs toko online 3

Klik tombol Install now.

membuat situs toko online 4

Klik Activate Plugin.

membuat situs toko online 5

Klik tombol Install WooCommerce Pages.

Sampai disini Anda sudah selesai memasang plugin WooCommerce yang artinya website WordPress Anda sudah dapat digunakan untuk memasarkan produk seperti halnya situs toko online pada umumnya.

Cara Memasukkan Produk di Situs Toko Online Anda

Jika plugin WooCommerce sudah dalam keadaan aktif, maka Anda dapat menambahkan produk baru untuk mulai dipasarkan di website Anda.

Berikut ringkasan cara menambahkan produk di web toko online Anda:

  1. Silakan klik menu Products kemudian pilih Products
  2. Klik Add Product
  3. Masukkan Nama Produk beserta deskripsinya
  4. Isi SKU dan Regular Price
  5. Masukkan featured image

Terakhir, silakan cek produk yang baru saja Anda tambahkan. Jika langkah-langkahnya sudah benar, tampilan produk Anda akan seperti gambar dibawah ini.

membuat situs toko online 6

Demikian tadi langkah-langkah untuk membuat situs toko online secara mudah, semoga berguna bagi Anda. Dan jika tutorial diatas dirasa masih kurang jelas, Anda bisa simak video cara membuat website toko online dengan WordPress berikut ini.

Akhir kata, sukses untuk web toko online Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *