Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas

membangun backlinkTerlepas dari rentetan perubahan algoritma search engine, khususnya Google, secara teori backlink tetap saja dibutuhkan sebagai vote. Memiliki backlink berkualitas merupakan salah satu kunci SEO off-page yang dapat mendongkrak posisi laman blog atau artikel mendapat peringkat bagus di index hasil penelusuran mesin pencari.

Namun demikian, tidak semua backlink bagus untuk SEO. Bahkan, sebagian darinya hanya akan membuat blog Anda teridentifikasi sebagai blog spam. Membangun backlink blog harus dilakukan secara benar sehingga efek yang diperoleh merupakan efek baik, bukan sebaliknya.

Dalam membangun backlink berkualitas, terdapat sejumlah hal yang harus dipahami. Harus dimengerti seperti apa kriteria backlink berkualitas itu dan bagaimana cara mendapatkannya. Adapun ciri-ciri backlink berkualitas antara lain adalah sebagai berikut:

Kriteria Backlink Berkualitas

  1. Backlink dari situs terpercaya
  2. Backlink dari situs setopik
  3. Backlink dalam bentuk anchor text
  4. Backlink dari laman yang relevan dengan konten blog Anda
  5. Backlink dari laman yang memiliki “nilai” tinggi

Setidaknya Anda perlu memperhatikan kelima poin tersebut diatas sebelum memulai langkah membangun backlink. Perlu dicatat juga, satu backlink berkualitas lebih baik dari seratus backlink tidak berkualitas. Artinya, fokus link building harus pada sisi kualitas, bukan kuantitas.

Backlink Dari Situs Terpercaya

Lakukan link building dari situs terpercaya. Situs terpercaya adala situs yang memiliki authority tinggi. Adapun situs yang masuk dalam klasifikasi ini diantaranya adalah YouTube, Facebook, Linkedin, dan sebagainya. Apakah hanya berupa situs sosial media? Tentu saja tidak. Cukup banyak situs web dengan page authority tinggi yang notabene bukan situs sosial media.  Silakan gunakan tools ini untuk mengecek domain authority.

Backlink Dari Situs Setopik

Tentunya cukup banyak blog diluar sana yang satu tema dengan blog Anda. Tugas Anda adalah mendapatkan backlink dari blog-blog tersebut. Link building dari blog-blog setopik bisa Anda lakukan dengan cara blog commenting atau guest blogging. Backlink semacam ini akan memberi nilai lebih untuk blog Anda karena cakupan bahasan yang sama.

Backlink Dalam Bentuk Anchor Text

Salah satu teknik membangun backlink yang benar adalah dengan cara menyisipkan link pada suatu baris text (anchor text). Temukan baris kata yang paling relevan dengan blog Anda kemudian sisipkan URL blog Anda di kata tersebut. Misalkan “Tips Seo Blog”, “Cara Optimasi Blog”, “Tips Memilih Hosting Berkualitas“, dan lain sebagainya.

Backlink Dari Laman Yang Relevan Dengan Konten Blog Anda

Dalam membangun backlink, selain faktor domain authority tinggi, salah satu poin prioritas lainnya yang benar-benar perlu ditekankan adalah berkaitan dengan relevansi. Semakin baik nilai relevansinya, maka semakin berkualitas pula backlink tersebut. Lakukan link building dari laman yang mengulas topik yang sama dengan blog Anda.

Backlink Dari Laman Yang Memiliki Nilai Tinggi

Backlink yang demikian adalah backlink yang didapat dari laman yang memiliki tingkat manfaat tinggi terhadap para pembacanya. Adapun indikator suatu laman dinilai bermanfaat bagi pembacanya diantaranya adalah diukur dari kualitas artikel, peringkat di SERPs, tingkat kunjungan, dan sejumlah hal terkait lainnya.

Ringkasan

Untuk dapat meningkatkan peringkat di index hasil pencarian search engine, keberadaan backlink masih cukup berpengaruh. Namun, link building harus dilakukan secara benar sehingga dapat memberikan dampak sebagaimana mestinya. Selain itu, perlu dicatat juga bahwa pada prinsipnya backlink hanya sebagai unsur penunjang. Artinya, aspek utama tetap harus diperhatikan, yakni konten berkualitas. Dengan mengesampingkan kualitas konten, maka link building tidak akan banyak berpengaruh pada blog Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *