Cara Rahasia Meningkatkan Pengunjung Blog

cara-meningkatkan-pengunjung-blogSetelah selesai membuat blog dan mengisinya dengan sejumlah artikel sesuai topik blog, tugas selanjutnya yang perlu Anda kerjakan tidak lain adalah mendatangkan pengunjung. Setelah blog Anda mulai didatangi pengunjung, tugas berikutnya menyusul, yakni meningkatkan pengunjung.

Sebagus apapun desain atau isi blog Anda, pastinya hal tersebut akan berbuah percuma jika visitornya sangat minim. Dengan visitor dalam jumlah yang cukup sedikit, Anda tidak akan mendapatkan profit apapun dari blog yang dengan sedemikian gigih Anda kelola.

Ada ratusan ribu hingga jutaan blog bertebaran di internet. Sebagian darinya berpengunjung sangat banyak, sebagian lagi berpengunjung relatif sedang, dan sebagian lagi tanpa pengunjung. Dalam hal ini perbedaan volume traffic tersebut disebabkan sejumlah faktor, termasuk tata-kelola blog itu sendiri yang tidak maksimal.

Sebelum lanjut ke paragraf berikutnya, terlebih dulu saya ingin mengingatkan sahabat pembaca, khususnya yang masih baru dalam dunia blogging, bahwa untuk mendatangkan visitor ke blog itu membutuhkan waktu. Sebagus apapun konten blog Anda, tetap saja tidak bisa direalisasikan dalam hitungan hari atau bahkan bulan. Terkecuali visitor dari sosial media.

Cara Meningkatkan Pengunjung Blog

Berkaca pada pengalaman pribadi selama sekian tahun mengelola website dan blog dengan sekian banyak praktik optimasi yangs udah pernah saya terapkan, berikut ini saya rangkum beberapa trik mendatangkan pengunjung ke blog secara tepat dengan hasil untuk jangka panjang.

1. Pilih Topik Yang Tepat

Seperti apa topik yang tepat itu? Topik yang tepat adalah topik yang memiliki jumlah pencarian terbanyak yang juga berkaitan dengan hobi atau bidang yang menjadi obsesi Anda. Logikanya, bagaimana mungkin pengunjung blog Anda sebanyak 10.000/hari jika kata kunci pencariannya hanya 10.000/bulan. Selain itu, memilih topik sesuai bidang yang Anda minati juga akan mempermudah Anda dalam menulis artikel.

2. Pilih Platform Yang Tepat

Anda dimungkinkan untuk membuat blog menggunakan platform apapun, karena pilihannya memang cukup banyak, mulai yang gratisan hingga berbayar. Saran saya, pilihlah WordPress.org (WordPress self-hosting/berbayar). Mengapa harus memilih WP berbayar? Karena WordPress self-hosting menawarkan banyak keunggulan, termasuk untuk  urusan SEO.

3. Pilih Hosting Berkualitas

Untuk dapat membuat blog WordPress self-hosting tentunya mengharuskan Anda untuk menyiapkan web hosting. Disini Anda dituntut untuk memilih layanan web hosting berkualitas yang dapat mengakomodir kebutuhan hosting blog Anda.

Baca artikel: Tips Memilih Hosting Berkualitas

4. Set-up Blog Anda

Setelah blog Anda selesai dibuat, maka pekerjaan pertama yang perlu Anda lakukan adalah melakukan penataan dasar, meliputi penggantian template untuk menggunakan template yang SEO friendly, memasang widget yang diperlukan seperti widget artikel terkait dan semacamnya, memastikan struktur halaman blog sudah sesuai pedoman webmaster, dsb.

5. Submit Blog ke Search Engine

Meski mesin pencari akan menemukan blog Anda dengan sendirinya, namun karena blog Anda masih baru maka Anda perlu memperkenalkan blog Anda kepada mesin pencari sehingga proses indexing akan berjalan lebih cepat. Silakan submit URL blog Anda ke search engine populer, seperti Google dan Bing.

6. Buat Halaman Yang Dibutuhkan

Apa saja halaman yang dibutuhkan sebuah blog? Sebelum Anda fokus memproduksi konten (artikel), terlebih dulu buatlah beberapa halaman penting, seperti halaman “about”, “privacy policy”, “sitemap”, dsb. Selain halaman sitemap, halaman-halaman tersebut memang tidak ada kaitannya dengan peningkatan traffic, namun halaman-halaman tersebut bersifat penting.

7. Mulai Fokus Menulis Artikel

Selanjutnya Anda bisa total fokus menulis artikel. Ingat, jangan asal tulis, tapi pastikan artikel yang akan Anda publish memiliki kualitas. Sebagai catatan, 1 artikel berkualitas bisa mengalahkan berpuluh-puluh atau bahkan ratusan artikel tidak berkualitas. Fokusnya adalah artikel berkualitas, bukan kuantitas.

Ciri-ciri artikel berkualitas diantaranya adalah padat, akurat, original (bukan hasil copas), dan berguna bagi pembacanya.

8. Konsisten Dengan Tugas

Tugas Anda pada tahapan ini tidak lain adalah memposting artikel. Nah, yang perlu Anda garisbawahi adalah Anda harus bisa konsisten. Karena ngeblog merupakan pekerjaan untuk jangka panjang, maka buang jauh-jauh rasa malas atau mudah bosan. Dalam blogging, konsistensi merupakan salah satu kunci utama untuk meraih keberhasilan.

9. Sebarkan Artikel ke Sosial Media

Promosikan blog Anda ke situs sosial media seperti Facebook atau Google Plus untuk dua tujuan. Pertama, untuk mendapatkan direct visitor dari sosial media, dan yang kedua adalah untuk meningkatkan pagerank blog Anda di search engine. Blog yang memiliki popularitas bagus di sosial media berpotensi mendapat peringkat bagus di index hasil pencarian search engine.

Demikian beberapa cara dasar untuk membangun traffic blog, dan “rahasia” meningkatkan visitor blog berikutnya sebagaimana dijelaskan dibawah ini.

10. Mengoptimalkan Artikel

Setidaknya ada tiga hal pokok pada halaman blog Anda yang harus dioptimalkan, yaitu meta title, meta description, dan meta keyword. Ketiganya seperti sebuah hal yang sangat sederhana yang dapat dilakukan dengan mudah ketika Anda memposting artikel. Namun, jika Anda mengoptimalkannya hasilnya benar-benar akan memberi pembeda.

11. Fokus Terhadap Long Tail

Jika Anda membuat blog baru, mungkin Anda akan merasa kesulitan untuk mengambil kata kunci populer secara cepat. Akan lebih baik jika Anda menulis banyak artikel yang kualitas pada kata kunci yang sangat spesifik daripada mengejar keyword berpencarian banyak. Manfaat lain dengan tetap fokus pada long tail keyword adalah keyword-keyword tersebut biasanya dapat memberikan angka konversi yang lebih baik.

12. Link Buliding Berkualitas

Meski keberadaan backlink tidak lagi sedominan dulu, namun backlink tetap dibutuhkan. Backlink tetap memiliki pengaruh terhadap peringkat suatu blog karena backlink memiliki fungsi sebagai voter. Artinya, semakin banyak voter yang relevan, maka semakin bagus pula SEO blog Anda. Tapi harap dicatat, link building harus bersifat natural dan relevan.

13. Berikan Value Pada Pembaca

Ini ada kaitannya dengan ciri-ciri artikel berkualitas sebagaimana sudah saya jelaskan diatas. Value pada pembaca maksudnya adalah membuat artikel berkualitas yang memiliki nilai manfaat terhadap pembaca. Algoritma mesin pencari semakin canggih, dan ia dapat mengenali artikel yang memiliki value terhadap pembaca, begitu juga sebaliknya.

14. Internal Linking

Internal linking bukan hanya bertujuan untuk menurunkan bounce rate, tapi juga dapat memperbaiki kualitas SEO. Selain itu, internal linking juga akan membantu proses indexing yang lebih baik (lebih cepat), khususnya untuk artikel baru. Internal linking sendiri merupakan salah satu praktik SEO yang tidak pernah usang, sehingga Anda tidak boleh mengabaikannya.

15. Turunkan Bounce Rate

Apa itu bounce rate? Bounce rate adalah persentase pengunjung yang meninggalkan blog Anda setelah hanya membuka satu halaman per kunjungan. Contoh, pengunjung tersebut membuka halaman beranda blog Anda atau halaman tertentu di blog Anda, kemudian yang bersangkutan langsung menutup/meninggalkan blog Anda dan tidak membuka halaman lainnya.

16. Hindari Praktik Spam

Poin ini sangat penting, dan paling banyak diabaikan oleh blogger pemula. Perlu dicatat, implementasi teknik optimasi blog berbau spamming tidak akan banyak membantu blog Anda. Bisa saja dalam kurun waktu yang sangat singkat blog Anda mengalami peningkatan traffic, namun tidak lama kemudian blog Anda akan berada di halaman paling bawah index hasil penelusuran search engine, bahkan mengalami deindex.

Jika Anda menginginkan pengunjung untuk jangka panjang, maka hindari melakukan spam dalam bentuk apapun. Ini sangat penting guna memastikan masa depan blog Anda. Spam merupakan musuh utama search engine, sehingga Anda perlu memberi perhatian terhadap apapun bentuk optimasi yang teridentifikasi sebagai praktik spam, seperti menanam backlink secara brutal, copas artikel dari blog lain, posting artikel asal tulis, dsb.

Demikian, semoga bermanfaat. Akhir kata, tidak ada yang instant dalam blogging, khususnya dalam hal mendatangkan pengunjung. Jika Anda serius ingin melihat blog Anda memiliki tingkat kunjungan tinggi, maka terapkan satu demi satu apa yang saya paparkan diatas, saya yakin kedepannya blog Anda akan tumbuh berkembang sesuai yang Anda espektasikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *