Cara Meningkatkan Pengunjung Situs Toko Online Secara Gratis

cara meningkatkan pengunjung situs toko online

Membangun toko online merupakan salah satu model bisnis online yang cukup menjanjikan. Namun demikian, mengelola situs toko online memberikan tantangan tersendiri bagi Anda, khususnya dalam hal mendatangkan pengunjung.

Toko online Anda membutuhkan traffic kunjungan agar dapat menghasilkan penjualan. Apapun jenis barang yang Anda perdagangkan melalui toko online Anda, tidak akan ada profit serupiahpun tanpa memiliki pengunjung.

Mendatangkan pengunjung ke toko online bisa ditempuh melalui dua cara, yaitu dengan beriklan (berbayar) dan menerapkan teknik SEO (gratis). Dan jika Anda bisa melakukannya, mendatangkan pengunjung ke toko online dengan cara gratis pastinya jadi pilihan Anda.

Tips dan Cara Meningkatkan Pengunjung ke Situs Toko Online Secara Gratis

Untuk meningkatkan pengunjung situs toko online bisa Anda mulai dari langkah-langkah sederhana namun benar-benar Anda kerjakan dengan baik, misalnya dengan meng-upload foto yang mengundang minat banyak orang.

Kriteria foto yang demikian adalah foto yang memiliki resolusi tinggi, detail, dan objek tampak dari berbagai sisi. Ini merupakan salah satu cara sederhana untuk mendorong pengguna internet agar tertarik untuk mengunjungi web toko online Anda.

Orang berkunjung ke toko online tidak lain adalah untuk belanja barang yang dibutuhkannya, baik itu baju, alat olahraga, peralatan dapur, dan lain sebagainya. Mereka tidak akan tertarik dengan toko Anda ketika mayoritas foto produk di toko Anda tidak memiliki nilai lebih.

Dan berikut ini beberapa tips untuk meningkatkan visitor toko online yang saya rasa dapat Anda terapkan dengan mudah jika Anda serius ingin meningkatkan traffic melalui cara diluar beriklan yang membutuhkan anggaran besar.

1. Manfaatkan Sosial Media

Bukan rahasia lagi bahwa salah satu sumber utama traffic situs toko online diluar kampanye iklan adalah sosial media. Anda dapat menyebarkan info produk terbaru toko online Anda di Facebook, Twitter, Instagram, dll.

Tentu tidak mudah, karena faktanya tidak semua pengguna sosmed tertarik dengan produk Anda. Namun, jika Anda punya kepekaan dan berhasil masuk ke komunitas yang relevan dengan produk Anda, potensi untuk mendapatkan traffic kian besar.

2. Buat Deskripsi Produk Lebih Detail

Tujuannya bukan hanya untuk mendapatkan atensi lebih, tapi juga untuk keperluan SEO. Teks deskripsi yang ada pada produk Anda dapat dibaca oleh search engine seperti Google, dan semakin lengkap deskripsi suatu produk maka semakin bagus pula untuk proses pemeringkatan karena dinilai lebih rinci (informatif).

Jika Anda belum banyak tahu mengenai produk yang akan Anda jual, maka Anda perlu sedikit belajar tentang produk tersebut agar dapat membuat deskripsi yang lebih lengkap. Ini juga bisa membuat pengguna lebih yakin dengan produk yang Anda jual.

3. Gunakan Hashtag Dalam Deskripsi

Sebagian besar platform toko online diberdayai fitur hashtag. Anda dapat memanfaatkan fitur ini agar ketika ada user yang mencari produk dengan menggunakan hashtag toko online Anda berpotensi muncul di hasil pencarian.

Jangan lupa untuk selalu menyisipkan hashtag diakhir deskripsi produk Anda agar lebih menambah potensi untuk kedatangan banyak pengunjung.

4. Dapatkan Backlink Berkualitas

Jika Anda mengelola situs toko online sendiri, maka Anda membutuhkan backlink agar situs toko online Anda dapat bersaing di hasil penelusuran search engine.

Backlink dapat dianalogikan sebagai sebuah vote, artinya semakin banyak vote positif yang didapat, maka semakin besar pula kesempatan bagi web toko online Anda untuk bisa masuk dalam daftar teratas hasil penelusrusan search engine.

5. Gunakan Web Hosting Berkualitas

Setiap situs toko online membutuhkan web hosting berkualitas dengan kinerja server yang optimal agar performanya tidak sering ngadat atau bahkan down.

Secara teori, situs yang memiliki waktu muat lambat atau bahkan tidak bisa diakses akan berdampak pada penilaian kualitas karena hal tersebut merupakan indikator nyata bahwa situs tersebut tidak dapat memberikan pengalaman pengguna yang baik bagi user.

Padahal, sebagian besar mesin pencari itu sangat memprioritaskan kepuasan pengunjung. Dengan wacana yang demikian itu, pastikan situs toko online Anda menggunakan web hosting terbaik dengan performa server yang reliable dalam berbagai kondisi.

6. Cek Kondisi Website Anda

Anda dapat menggunakan berbagai tools analisa website gratis untuk memastikan bahwa tidak ada masalah dengan website toko online Anda.

Anda perlu memastikan bahwa situs toko online Anda tidak memiliki broken link dalam jumlah yang diluar batas kewajaran (misalkan mencapai ratusan broken link), tidak terinfeksi malware, tidak terdapat duplicate dalam jumlah yang banyak, dll.

Terdapat sekian banyak tools gratisan untuk keperluan semacam ini, salah satunya adalah Google Search Console.

7. Pasang Widget Subscribe Via Email

Untuk menarik kembali pengunjung toko online Anda, sangat direkomendasikan bagi Anda untuk memasang widget langganan info produk melalui email. Anda dapat menempatkan widget ini di sidebar situs atau dibawah kolom produk.

Jika Anda berhasil mengumpulkan daftar email pelanggan atau pengguna situs toko online Anda dalam jumlah yang banyak, kedepannya Anda dapat mengirimkan info produk terbaru atau diskon kepada mereka.

Apabila tertarik, mereka akan kembali mengunjungi toko online milik Anda dan bahkan menjadi pelanggan setia Anda.

Penutup

Untuk menghasilkan profit dari toko online, modal terpentingnya adalah mendapatkan traffic, karena tanpa traffic tidak akan ada yang bisa dikonversi.

Mendatangkan pengunjung ke toko onlien dapat ditempuh melalui berbagai cara, baik itu lewat iklan berbayar maupun dengan teknik SEO yang sepenuhnya gratis.

Dan jika Anda prefer untuk meningkatkan pengunjung toko online dengan SEO karena gratis, Anda dapat menerapkan masukan yang saya ulas diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *